Langsung ke konten utama

Tips Cara Melancarkan Haid / Menstruasi Secara Alami

Tips Cara Melancarkan Haid / Menstruasi Secara Alami

Menstruasi atau haid adalah proses alami yang terjadi pada tubuh seorang wanita. Tiap bulannya, setiap wanita mengalami menstruasi, yang disebut siklus haid/menstruasi. Siklus menstruasi normal biasanya terjadi dengan teratur. Lamanya pendarahan menstruasi terjadi bervariasi dari 2-7 hari dengan waktu diantara periode pertama dan periode berikutnya sekitar 28 hari. Jika lebih lama dari itu, maka bisa dikatakan haid tidak lancar atau telat haid.

Untuk melancarkan haid yang tidak teratur atau telat, ada tipsnya secara alami dan aman, yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional. Haid yang tidak lancar atau tidak teratur memang harus segera diatasi dengan baik, karena haid yang tak kunjung datang bisa jadi disebabkan oleh penyakit yang cukup serius.

Dalam kesempatan ini, Kami akan berbagi tips dengan Anda mengenai cara melancarkan haid yang tidak teratur. Langkah-langkah untuk melancarkan haid akan kami ringkas dalam 2 bagian, yaitu Kegiatan sehari-hari untuk memperlancar haid, serta Jenis makanan untuk memperlancar haid. (Baca Juga : OBAT UNTUK MELANCARKAN HAID)

Kegiatan Untuk Membantu Melancarkan Haid

  • Olahraga Teratur
Anda tentu tau bahwa olahraga memiliki banyak manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Begitupun juga manfaatnya untuk melancarkan haid tidak teratur. Banyak kegiatan olahraga yang bisa Anda manfaatkan guna membantu melancarkan haid/menstruasi yang tidak teratur, bisa yoga, jalan kaki atau joging. Namun INGAT!!! Olahraga yang dapat membantu melancarkan haid/menstruasi adalah jenis olahraga yang ringan yang mudah dilakukan.
  • Istrahat yang Cukup
Selain olahraga, Anda juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup untuk membantu melancarkan haid yang tidak teratur. Istrahat memberikan peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh, selain itu istirahat juga membantu menghindari stress. Jangan memikirkan banyak hal yang dapat memicu strees, karena hal tersebut justru akan mempengaruhi kelancaran haid. Istirahat yang cukup dilakukan untuk memberikan hak tubuh yang telah bekerja keras seharian.
  • Pola Makan Sehat
Salah satu faktor penting yang dapat membantu melancarkan menstruasi adalah menjalani pola makan yang sehat. Mengkonsumsi buah dan sayuran sangat bermanfaat bagi kesahatan dan dapat melancarkan haid. Buah dan sayuran yang kaya dengan vitamin, serat tinggi dan zat besi sangat baik dan bermanfaat untuk melancarkan haid yang tidak teratur.
  • Gaya Hidup Sehat
Menjalani gaya hidup sehat tidak hanya akan membuat kesehatan tubuh terjaga, namun manfaat lainnya juga bisa didapatkan, yakni membantu melancarkan haid. Gaya hidup yang sehat membantu Anda mendapatkan kesehatan prima. Hindari merokok, hindari konsumsi minuman beralkohol, kurangi konsumsi kafein, serta hindari berbagai hal yang dapat membuat hidup tidak sehat.

Makanan Untuk Membantu Melancarkan Haid

  • Buah-Buahan
Jika Anda tidak kunjung mengalami menstruasi / haid, maka sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya dengan kandungan nutrisi dan vitamin. Ada banyak buah-buahan yang dapat membantu melancarkan menstruasi tersebut, salah satu diantaranya adalah buah pepaya dan buah nanas.
  • Asam Jawa
Asam Jawa berguna untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal, sehingga dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri saat haid. Tidak hanya itu, asam jawa juga dapat membantu melancarkan haid yang tidak teratur. Asam Jawa bisa Anda temukan dalam bentuk minuman ataupun permen. Anda bisa mendapatkannya di Supermarket.
  • Cuka Apel
Cuka apel ternyata sangat ampuh dalam membantu melancarkan haid, mempercepat menstruasi Anda. Cuka apel dapat langsung Anda minum dengan cara menyeduhnya atau bisa juga dicampur dengan buah-buahan yang dijadikan sebagai salad.

Itulah beberapa Tips Cara Melancarkan Haid / Menstruasi Secara Alami. Yang penting adalah ketika Anda mengalami masalah haid yang tidak kunjung datang atau telat haid tapi BUKAN KARENA  HAMIL, maka segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi, dan segeralah lakukan tindakan penanganan dengan cara mengatasi telat secara alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur OBAT UNTUK MELANCARKAN HAID , - Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Beberapa memiliki siklus teratur per ±28 hari, sementara lainnya bisa tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur berarti Anda bisa memiliki siklus absen (tidak menstruasi sama sekali), jarang, berpola tidak terduga, perdarahan menstruasi sangat berat, atau perdarahan yang terus berkepanjangan. Pengobatan untuk menstruasi tidak teratur tidak selalu diperlukan. Misalnya, perubahan hormon yang terjadi selama masa puber dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi normal. Pengobatan selama ini biasanya tidak diperlukan. Akan tetapi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan apapun untuk menstruasi tidak teratur jika Anda melihat adanya perubahan berikut dalam menstruasi Anda : Timbul perdarahan atau bercak setelah berhubungan seks Perdarahan menstruasi Anda sangat berat, yang menghar