Langsung ke konten utama

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur

OBAT UNTUK MELANCARKAN HAID, - Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Beberapa memiliki siklus teratur per ±28 hari, sementara lainnya bisa tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur berarti Anda bisa memiliki siklus absen (tidak menstruasi sama sekali), jarang, berpola tidak terduga, perdarahan menstruasi sangat berat, atau perdarahan yang terus berkepanjangan.

Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur

Pengobatan untuk menstruasi tidak teratur tidak selalu diperlukan. Misalnya, perubahan hormon yang terjadi selama masa puber dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi normal. Pengobatan selama ini biasanya tidak diperlukan.

Akan tetapi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan apapun untuk menstruasi tidak teratur jika Anda melihat adanya perubahan berikut dalam menstruasi Anda :
  • Timbul perdarahan atau bercak setelah berhubungan seks
  • Perdarahan menstruasi Anda sangat berat, yang mengharuskan Anda mengganti pembalut setiap 1-2 jam sekali; atau memakai dua lapis sekaligus
  • Anda mengalami perdarahan berat yang “bocor” ke pakaian atau menembus tempat tidur Anda
  • Menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari
  • Menstruasi Anda lebih sering dari sekali sebulan

Dokter Anda akan bertanya seputar menstruasi, gaya hidup, dan juga riwayat medis Anda untuk menemukan alasan yang mendasari siklus tidak teratur Anda. Perawatan yang diperlukan akan bergantung pada alasan di balik tak menentunya siklus Anda. (Baca Juga : Obat Pelancar Haid)

Ada beberapa solusi rumahan untuk membantu mempromosikan siklus menstruasi normal pada wanita yang memiliki siklus tidak teratur, misalnya :
  • Ketumbar

Biji ketumbar memiliki sifat emmenagogue untuk merangsang aliran menstruasi yang akan mempromosikan siklus yang lebih teratur. Caranya: rebus 1 sdt biji ketumbar utuh dalam dua gelas air, didihkan sampai tersisa satu gelas air saja, Saring bijinya, dan minum air ketumbar tiga kali sehari selama beberapa hari menjelang hari menstruasi Anda.
  • Lidah buaya

Lidah buaya dapat meningkatkan produksi hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi dan juga dapat membantu dalam memiliki siklus menstruasi yang teratur. Untuk menggunakan gel lidah buaya, belah dua daun lidah buaya dan ambil sarinya. Campurkan sari lidah buaya dengan 1 sdm madu. Minum ramuan selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil terbaiknya, namun jangan minum di saat Anda bermenstruasi.
  • Jahe

Jahe efektif untuk wanita yang menderita siklus menstruasi jarang atau tertunda. Rebus 1/2 sdt jahe segar giling dengan satu cangkir air selama 5-7 menit. Anda dapat menambahkan beberapa gula secukupnya. Minum teh jahe tiga kali sehari setelah makan. Ulangi proses untuk setidaknya satu bulan untuk mencapai hasil terbaik.
  • Kayu manis

Kayu manis membantu mengurangi kram menstruasi dan mempromosikan siklus menstruasi. Dalam pengobatan Cina, kayu manis dikatakan ampuh memberikan efek pemanasan dalam tubuh. Kayu manis juga mengandung hydroxychalcone, senyawa aktif yang efektif dalam mengatur insulin dan mempengaruhi menstruasi secara teratur. Bubuhkan 1/2 sdt bubuk kayu manis dalam satu gelas susu atau teh hangat dan minum campuran selama beberapa minggu.
  • Pepaya muda

Pepaya muda dan hijau dapat menormalkan siklus menstruasi tidak teratur karena sifat emmenagoguenya, dan juga membantu memicu kontraksi yang tepat dari serat otot-otot rahim. Pepaya muda sangat bermanfaat untuk siklus yang tertunda yang terkait dengan stres atau menopause. Untuk mencapai hasil yang optimal, makan pepaya muda selama 2 bulan. Namun, hindari konsumsi pepaya muda saat Anda sedang menstruasi.
  • Kunyit

Kunyit adalah rempah pemanas tubuh yang dapat membantu dalam mengatur menstruasi dan juga baik dalam menyeimbangkan hormon. Selain itu, kunyit juga kaya sifat anti-inflamasi dan antispasmodic, yang efektif dalam mengurangi nyeri haid. Ambil seperempat sdt kunyit dan campur dengan teh, madu, atau susu. Ambil campuran setiap hari selama beberapa minggu.

Itulah Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Jika masalah haid tidak teratur yang Anda alami tak kunjung teratasi, segera ke dokter dan berkonsultasi untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Melancarkan Haid / Menstruasi Secara Alami

Menstruasi atau haid adalah proses alami yang terjadi pada tubuh seorang wanita. Tiap bulannya, setiap wanita mengalami menstruasi, yang disebut siklus haid/menstruasi. Siklus menstruasi normal biasanya terjadi dengan teratur. Lamanya pendarahan menstruasi terjadi bervariasi dari 2-7 hari dengan waktu diantara periode pertama dan periode berikutnya sekitar 28 hari. Jika lebih lama dari itu, maka bisa dikatakan haid tidak lancar atau telat haid. Untuk melancarkan haid yang tidak teratur atau telat, ada tipsnya secara alami dan aman, yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional. Haid yang tidak lancar atau tidak teratur memang harus segera diatasi dengan baik, karena haid yang tak kunjung datang bisa jadi disebabkan oleh penyakit yang cukup serius. Dalam kesempatan ini, Kami akan berbagi tips dengan Anda mengenai cara melancarkan haid yang tidak teratur. Langkah-langkah untuk melancarkan haid akan kami ringkas dalam 2 bagian, yaitu Kegiatan sehari-hari untuk memperlancar haid